Berpeluang Besar Wisnu Amat Sastro Jadi Kabareskrim Dan Sutarman Jadi Wakabareskrim

Kapolda Sumatera Utara Irjen Wisnu Amat Sastro bersama isteri Ny. Mutiara Br. Sitepu

 

 

Jakarta, 11 Juni 2011 (KATAKAMI.COM) — Pergantian jabatan Kepala Kepala Badan Reserse & Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri hanya tinggal hitungan hari.

Komisaris Jenderal Ito Sumardi akan resmi pensiun per tanggal 1 Juli 2011 mendatang.

Kabarnya, Komjen. Ito Sumardi akan mendapat tugas baru sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia menggantikan Jenderal Polisi (Purn) Dai Bachtiar.

Selain Komjen. Ito Sumardi, di bulan Juni ini Bareskrim Polri juga akan segera melepas Irjen. Matius Salempang untuk memasuki masa pensiunnya.

Jadi, posisi Kabareskrim dan Wakabareskrim sama-sama kosong memasuki tanggal 1 Juli 2011 mendatang sebab secara kebetulan Komjen. Ito Sumardi dan Irjen Matius Salempang sama-sama memasuki masa pensiun.

Dalam struktur organisasi Polri, jabatan Kabareskrim ibarat tulang punggung utama Kapolri.

Bareskrim juga ibarat jantung dari seluruh tugas utama yang diemban jajaran kepolisian di negeri ini.

Dengan dibantu oleh pejabat Wakabareskrim, seorang Kabareskrim harus mampu menangani kasus-kasus hukum, misalnya kejahatan perbankan, kasus mafia pajak, kasus mafia hukum, penanganan narkoba dan kasus-kasus hukum lainnya yang menjadi domain tugas dari reserse.

Bahkan seorang Wakabareskrim, bertugas untuk melakukan pembinaan dan pembenahan ke dalam.

Jadi ketika sekarang, seorang Kapolri harus sekaligus mengganti duet Kabareskrim dan Wakabareskrim sekaligus, maka ia harus mencari pasangan yang sangat handal.

Sehingga, khusus untuk jabatan Kabareskrim dan Wakabareskrim ini, Kapolri harus memilih figur-figur yang memang sangat memahami dan menguasai bidang reserse.

Spekulasi mulai bermunculan di berbagai media massa tentang siapa yang akan menjadi Kabareskrim baru.

Banyak nama yang disebut-sebut.

Bahkan kalangan politisi juga mulai rajin bersuara di media massa untuk memberikan pujian setinggi langit kepada sejumlah nama perwira tinggi yang mereka nilai “layak jadi Kabareskrim.

KATAKAMI.COM mendapat sedikit bocoran bahwa di kalangan internal Polri ada sejumlah nama yang dapat dijadikan gambaran tentang siapa-siapa saja yang berpeluang menjadi nominator jabatan Kabareskrim.

Dan salah satu nama yang dianggap berpeluang besar untuk menggantikan posisi Komjen. Ito Sumardi yaitu Irjen. Wisnu Amat Sastro.

Siapakah Wisnu Amat Sastro ?

Perwira tinggi yang satu ini berasal dari angkatan 1978 ( rekan satu Angkatan dari Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan Wakapolri Komjen. Nanan Sukarna).

Irjen. Wisnu Amat Sastro saat ini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

 

Kapoldasu yang baru Irjen Pol Wisnu Amat Sastro beserta istri Mutiara Boru Sitepu disambut dengan adat Karo saat tiba di Mapoldasu, Selasa (22/3/2011). Foto : ADLANSYAH NASUTION/SUMUT POS

 

Wisnu Amat Sastro lahir di Medan, 15 Oktober 1955.

Ia mempersunting seorang perempuan Batak dari Tanah Karo yang bernama Mutiara boru Sitepu.

Jenderal bintang dua yang berdarah Jawa – Deli ini tercatat sebagai putra daerah Sumut yang kedua yang memimpin Polda Sumut.

Putra daerah Sumut pertama yang menjabat kapolda adalah Irjen Hotman Siagian pada periode 18 Oktober 2000 hingga 11 Juni 2001.

Wisnu lahir di RS St Elisabeth, Medan, menempuh pendidikan SD di St Yosef Jalan Pemuda, SMP Budi Murni, dan SMAN 3 Medan.

Peluang Wisnu menjadi Kabareskrim memang besar sebab ia berasal dari Angkatan yang sama dengan Kapolri dan Wakapolri.

Muncul nama Irjen. Sutarman yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Akan tetapi, Irjen Sutarman berasal dari Angkatan yang jauh lebih muda yaitu Angkatan 1981.

Sehingga jika hendak “dikawinkan”, maka pasangan Irjen. Wisnu Amat Sastro dan Irjen Sutarman lebih sepadan dan lebih serasi sebagai Kabareskrim dan Wakabareskrim.

Kepada KATAKAMI.COM yang menghubunginya lewat percakapan telepon, Ruhut Sitompul, Anggota Komisi III DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat menilai bahwa usulan tentang nama Wisnu Amat Sastro dan Sutarman sebagai pasangan Kabareskrim dan Wakabareskrim cukup ideal.

“Kalau aku yang ditanya, bagus itu ! Pak Wisnu itu kan lebih senior dari Pak Sutarman, Pak Sutarman masih muda. Dia dari Angkatan 1981. Jadi Wakabareskrim dulu sajalah. Terlalu cepat kalau Angkatan 1981 sudah menempati posisi Kabareskrim. Lebih tepat kalau kesempatan menjadi Kabareskrim itu diberikan kepada Pak Wisnu. Beliau ini orangnya tegas dan berani. Pak Kapolri butuh orang yang seperti ini untuk mengurusi Bareskrim” kata Ruhut Sitompul.

 

Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman ( Lulusan Akpol Angkatan Tahun 1981 )

 

Sementara itu ketika KATAKAMI.COM menanyakan “bocoran” tentang siapa yang akan menggantikan dirinya sebagai Kabareskrim,  Komjen Ito Sumardi mengatakan bahwa yang berwenang menentukan adalah Kapolri.

“Terus terang saya belum tahu, siapa pengganti saya. Kita percayakan saja kepada Pak Kapolri. Sebab beliau pasti dapat memilih yang terbaik. Dan siapapun nanti yang menjadi pengganti saya sebagai Kabareskrim, maka dia harus mampu menjabarkan dan menjalankan kebijakan-kebijakan pimpinan secara baik. Kabareskrim yang baru juga harus dekat dengan kalangan pers dan aktivis pemerhati Polri. Sebab, media massa terutama, mereka yang lebih tahu apa kelemahan dan kekurangan Polri. Sehingga jika Polri mendapat masukan dari pers, semua kritikan dan masukan itu harus jadi bahan introspeksi diri” kata Komjen. Ito Sumardi kepada KATAKAMI.COM secara eksklusif pada hari Jumat, 10 Juni 2011.

Jadi, kembali pada proses pergantian di lingkungan Bareskrim Polri, semua pihak hendaknya sabar menanti keputusan Mabes Polri.

Kapolri Jenderal Timur Pradopo jangan direcoki urusan pergantian jabatan Kabareskrim dan Wakabareskrim.

Biarlah internal Polri yang membahas dan menentukan figur-figur yang mereka nilai terbaik untuk menempati kedua posisi ini.

Tak perlu dicurigai.

Tak perlu suudzon.

Tak perlu saling sikut-menyikut.

Sebab, Polri pasti lebih tahu mana yang terbaik untuk urusan internal mereka.

Iya toh ?

 

 

(MS)

About these ads

Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: