Terimakasih Putin, Cicit Sisingamangaraja Diberi Beasiswa

Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin

 

Oleh : Mega Simarmata, Editor in Chief KATAKAMI.COM

 

Jakarta, Sabtu 25 Mei 2014 (KATAKAMI.COM)  —  Bagaimana kabar anda semua di akhir pekan ini ? Rasakanlah kehangatan cinta bersama keluarga besar di akhir pekan yang berbahagia ini.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pahlawannya”.

Salah satu yang harus dilakukan sebagai bagian dari penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan adalah dengan selalu mengenang budi baik mereka.

Dan salah satu pahlawan nasional kita yang sangat terkenal adalah Raja Sisingamangaraja ke 12.

Sisingamangaraja XII lahir di Bakara, tanggal 18 Februari 1845.

Ia meninggal dunia di Dairi, tanggal 17 Juni1907 dalam umur 62 tahun.

Sisingamangaraja adalah seorang pejuang yang sangat gagah berani dan berperang melawan penjajah Belanda. 

Sisingamangaraja diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai Pahlawan Nasional Indonesia sejak tanggal 9 November 1961 berdasarkan SK Presiden RI No 590/1961.

Sebelumnya Sisingamangaraja makamkan di Tarutung, lalu dipindahkan ke Soposurung, Balige pada tahun 1953.

Raja Sisingamangaraja dimakamkan bersama-sama dengan kedua putra kesayangannya yang ikut tewas di tembak tentara Belanda yaitu Raja Patuan Anggi dan Raja Patuan Nagari.

Walau sampai detik ini, tak ada satu pernyataan maafpun dari Pemerintah Belanda untuk Keluarga Besar Sisingamangaraja, terutama ke garis keturunan langsungnya, ternyata masih ada pemerintah lain yang memberikan atensi.

Putri dari cicit kandung Raja Sisingamangaraja ke 12, merupakan satu dari 50 orang mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Rusia untuk melanjutkan kuliah mereka di Rusia.

Monika Sitorus, adalah putri dari cicit kandung Raja Sisingamangaraja ke 12.

Ibu dari mahasiswi yang mendapat beasiswa ke Rusia ini, adalah putri dari pasangan Raja Patuan Sori Sinambela, yang menikah dengan Siti Maria Magdalena Boru Pasaribu.

Raja Patuan Sori Sinambela, adalah cucu kandung Raja Sisingamangaraja ke 12. Dari pernikahannya dengan Siti Maria Magdalena Boru Pasaribu, pasangan ini dikaruniai 2 orang anak, yaitu Saur Boru Sinambela, dan Raja Tonggo Tua Sinambela.

 

Raja Sisingamangaraja ke 12

Raja Sisingamangaraja ke 12

 

Putri dari cicit kandung Raja Sisingamangaraja ini akan segera berangkat ke Moscow, Rusia, bersama rombongan mahasiwa Indonesia yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Rusia, menjelang akhir tahun nanti.

Cicit Sisingamangaraja ini, jurusan yang akan diambilnya adalah Teknik Konstruksi.

Pemerintah Rusia memberikan beasiswa secara khusus untuk cicit Sisingamangaraja ini yaitu beasiswa untuk langsung 2 strata sekaligus yaitu S1 dan S2.

Tetapi sebelumnya, Pemerintah Rusia akan memberikan kursus bahasa Rusia secara khusus kepada seluruh mahasiswa yang mendapat beasiswa ini selama 1 tahun.

Sehingga nanti, cicit Sisingamangaraja ini akan berada di Rusia selama 7 tahun ke depan yaitu 1 tahun belajar bahasa dan 6 tahun kuliah.

Ini kabar baik yang sangat mengharukan di era kepemimpinan Putin.

Persahabatannya dengan Indonesia, diwujudkan dengan cara yang sedemikian indah dan baik.

Kalau pepatah mengatakan, “Kejarlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina”, maka kali ini yang terjadi adalah, “Kejarlah Ilmu Sampai ke Rusia”.

Anak-anak bangsa Indonesia siap melanglang buana untuk mengejar ilmu demi ibu pertiwi tercinta.

Terimakasih Presiden Putin.

Terimakasih Rusia.

 

 

 

 

 

MS

 

About KATAKAMI.COM

Hello Friends. Thanks for visit. My name is Mega Simarmata in Jakarta, Indonesia

Comments are closed.

%d bloggers like this: